Perspektif Energi Nuklir di Masa yang Akan Datang: Kuliah Umum Kepala BATAN

Jul 18, 2011 by

President University kembali menyelenggarakan kuliah umum pada tanggal 15 Juli 2011 di Auditorium Prof. Dr. Charles Himawan. Kali ini mahasiswa PresUniv mendapatkan kuliah menarik dari Dr. Ir. Hudi Hastowo, Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional dengan tema Perspektif Energi Nuklir di Masa yang Akan Datang.

Kuliah yang dibuka oleh Rektor PresUniv, Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS, dihadiri oleh mahasiswa PresUniv dari jurusan Tehnik Industri, Tehnik Elektro dan Hubungan Internasional. Pada kuliah umum ini, Kepala Batan menjelaskan beberapa hal seperti sejarah BATAN, penggunaan nuklir demi tujuan perdamaian, prosedur keamanan yang harus diperhatikan serta produk-produk yang telah dihasilkan. Menurutnya, dalam pembuatan energi nuklir harus didasari oleh dua prinsip dasar, yaitu permintaan pasar dan kepuasan pemangku kepentingan tanpa mengabaikan unsur keselamatan. Kepala BATAN menekankan bahwa Indonesia harus lebih waspada akan efek dari energi nuklir agar peristiwa di Fukushima, Jepang tidak terulang.

Kepala  BATAN juga menyebutkan bahwa tantangan pemanfaatan nuklir di Indonesia juga meningkat. Salah satunya, Indonesia sebagai negara konsumen beras dan air tertinggi menghadapi ancaman polusi atau radiasi yang pada akhirnya mempengaruhi tingkat kualitas hidup. Diharapkan dengan adanya pemanfaatan energi nuklir, akan meningkatkan kualitas dan kuantitas beras dan air.

Dapat disimpulkan bahwa energi nuklir dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan energi negara Indonesia yang semakin tinggi serta memastikan ketersediaan energi yang dapat dipergunakan secara maksimal. Menyadari pentingnya hal ini, PresUniv merencanakan berbagai kerjasama dibidang penelitian dengan BATAN dalam hal  pengaplikasian energi nuklir untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sumber: http://www.president.ac.id/id/perspektif-energi-nuklir-di-masa-yang-akan-datang-kuliah-umum-kepala-batan-president-university/

 

 

 

Berita, Event