PresUniv: A Thousand for One

Sep 15, 2011 by

President University (PresUniv) melalui Green Planet Supporters (GPS) dan Dirventure (DV) bekerjasama dengan Toshiba serta PT. Jababeka Tbk menyelenggarakan acara “A Thousand for One” (Penanaman 1000 Pohon), pada hari Kamis, 8 September 2011 di Kampus PresUniv, Jababeka Education Park, Cikarang.

Acara yang diikuti oleh 150 peserta ini adalah wujud kepedulian Badan Eksekutif Mahasiswa President University (GPS dan DV) terhadap lingkungan. GPS dan DV menyadari dengan banyaknya industri yang ada di kawasan Jababeka, ± 1500 perusahaan, akan menimbulkan masalah lingkungan. Karena itu GPS dan DV ingin lebih melindungi lingkungan dan memberikan contoh bagi masyarakat sekitar bahwa menjaga lingkungan adalah kewajiban semua pihak tanpa terkecuali.

Dalam kesempatan ini GPS dan DV juga ingin generasi muda sebagai penerus bangsa memiliki kepekaan terhadap pentingnya penghijauan, lebih memiliki rasa tanggung jawab akan lingkungan dan menyadari pentingnya ruang terbuka bagi masyarakat.

 

GPS adalah salah satu organisasi mahasiswa di President University yang fokus dalam masalah lingkungan, sedangkan DV adalah organisasi yang fokus akan alam dan aktifitas berpetualang.

Pada kesempatan ini turut hadir Bapak Eka Budianta selaku Direktur Jababeka Botanic Garden, dan Bapak Sendy Widjaja selaku Wakil Rektor 3 PresUniv. Bapak Eka Budianta menjelaskan bahwa tumbuhan khususnya pepohonan sangat penting bagi kehidupan manusia saat ini. Dengan situasi pemanasan global yang terus mengancam, generasi muda harus menyadari perannya yang sangat penting dalam kelangsungan hidup, karena itu genarasi muda harus berkontribusi dalam menjaga alam ataupun memperbaiki kerusakan yang telah terjadi. Menurut Bapak Eka Budianta, kontribusi yang paling sederhana adalam menanam pohon dan merawatnya. Ada 3 proses yang harus dilakukan generasi muda dalam berkontribusi yaitu, Recognize, Taking Care dan Promoting. Recognize adalah langkah awal dimana generasi muda harus mengetahui jenis dan karakteristik pohon apa yang akan mereka tanam, sebaiknya mereka menanam jenis pohon yang mereka sukai dan mudah dirawat agar pohon tersebut terus terjaga. Pada langkah ini juga, harus diketahui kapan dan dimana pohon tersebut ditanam, karena jika menanam pada saat puncak musim kemarau pohon tidak akan tumbuh dengan baik. Langkah kedua adalah Taking Care, setelah menanam mereka harus merawat dan menjaga pohon agar terus tumbuh, karena tanpa perawatan yang baik pohon yang mereka tanam akan mati. Merawat pohon adalah hal yang mudah dilakukan selama mereka memiliki komitmen yang juga terus terjaga. Langkah yang terakhir adalah Promoting, di tahap ini mereka harus bisa mengajak orang-orang di lingkungan mereka untuk turut berkontribusi dalam menjaga  lingkungan. Dengan semakin banyak generasi muda yang ikut menjaga lingkungan, maka akan tercipta keseimbangan dalam kehidupan.

PresUniv berharap bahwa kegiatan penanaman pohon ini bermanfaat bagi lingkungan sekitar serta menjadi aktivitas yang dilakukan secara berkelanjutan demi menjaga dan melestarikan lingkungan.

Source: http://www.president.ac.id/id/president-university-presuniv/

Event