Sosialisasikan Inovasi di Lingkungan Perkuliahan

Sep 26, 2011 by

Kamis, 15 September 2011, bertempat di Auditorium Prof. Dr. Charles Himawan, Kampus President University – Jababeka, S.D. Darmono, pendiri dan CEO dari PT. Jababeka, Tbk. mengadakan seminar dengan tema Inovasi. Diskusi yang di mulai pada pukul 09.00 dimoderatori oleh A.B.M Witono, Kepala program Studi Bisnis dan Administrasi di President University.

President University (PresUniv) merupakan institusi pendidikan tinggi abad 21 dengan kualifikasi internasional di Indonesia. Kurikulum yang berlaku di President University diajarkan dalam bahasa Inggris mengingat mahasiswa yang belajar di universitas tersebut bukan hanya pelajar Indonesia saja tetapi juga pelajar asing seperti dari RRC, Korea Selatan, Vietnam, Malaysia, Pakistan, dan lain sebagainya yang mewakili 30% penerimaan mahasiswa setiap tahunnya.

Pada diskusi kali ini, S.D. Darmono menekankan pentingnya inovasi pada sektor industri. Inovasi penting untuk tetap dapat berkompetisi dalam era globalisasi pada sektor industri yang memiliki jenis dan skala usaha yang beragam. Ketika melakukan inovasi, nilai ekonomis suatu inovasi harus diperhitungkan. Tidak peduli seinovatif apapun suatu produk atau layanan, apabila tidak diimbangi dengan nilai ekonomis maka inovasi yang telah dilakukan akan terbuang percuma.

Agar dapat menjadi seseorang yang inovatif, S.D. Darmono yang juga pendiri PresUniv mendorong seluruh mahasiswa untuk berani “mengotori” tangan mereka dalam rangka mendapatkan pengalaman yang banyak sebelum lulus perkuliahan. Dia mengatakan bahwa beberapa teori yang dipelajari di dalam kelas dan nilai akademik yang baik tidaklah cukup untuk menunjang proses pembelajaran. Para mahasiswa harus giat mempelajari beberapa keahlian teknis yang hanya bisa didapat melalui program magang di suatu perusahaan. Selanjutnya, dia mengatakan bahwa perusahaan yang berada di kawasan industri di Jababeka terbuka menerima mahasiswa yang ingin mendapatkan pengalaman bekerja dan uang saku tambahan dari hasil kerja mereka.

S.D. Darmono mengingatkan para mahasiswa PresUniv bahwa saingan mereka saat mencari pekerjaan di masa yang akan datang tidak hanya terbatas pada lulusan dari dalam negeri saja melainkan mahasiswa dari manca negara sehingga penguasaan bahasa asing khususnya bahasa Inggris menjadi suatu keharusan.

Selama sesi tanya jawab, terlihat antusiasme para mahasiswa yang mengikuti diskusi dari banyaknya pertanyaan yang mereka lontarkan. Salah satunya mengenai Indonesia sebagai sebuah new emerging force dalam hal moneter harus melakukan revolusi di sektor ekonomi. S.D. Darmono mengatakan inovasi adalah suatu revolusi. Dengan melakukan beberapa inovasi di sektor ekonomi baik itu produk, layanan, prosedur dan tahapan, kebijakan dan teknologi maka akan mendukung revolusi di Indonesia secara keseluruhan.

Seminar menarik yang berlangsung selama 2 jam ini dihadiri oleh kurang lebih 250 mahasiswa dan para civitas akademika PresUniv termasuk Prof. DR. Ermaya Suradinata, SH, MH, MS selaku rektor.

Sumber: http://www.president.ac.id/id/sosialisasikan-inovasi-di-lingkungan-perkuliahan/

Artikel