President University – Jababeka Mencuri Perhatian Internasional melalui ICF 2011

Jan 20, 2012 by

Dengan membawa tema “The Power of Culture”, PT. Jababeka, Tbk. bekerja sama dengan President University, Indonesia, telah berhasil mencuri perhatian internasional terhadap kekuatan budaya lokal dari beberapa negara.

Pada tanggal 16 November 2011, berlokasi di Hollywood Plaza, Kota Jababeka – Cikarang, International Cultural Festival (ICF) 2011 menyajikan berbagai macam musik dan orkestra, tari-tarian tradisional dari beberapa negara, hingga festival makanan tradisional selama tiga hari berturut-turut mulai dari tanggal 18 November sampai dengan 20 November 2011.

Festival tahunan yang dihadiri oleh para duta besar dari beberapa negara, pemimpin, dan pengusaha ini diharapkan dapat menjadi sebuah forum untuk pertukaran ide-ide, filosofi, informasi, seni dan aspek budaya antar negara, dalam rangka untuk mempercepat kesepahaman dan diplomasi dua arah serta untuk memperkuat hubungan antara komunitas internasional di Indonesia.

Pengunjung yang menghadiri festival tersebut sangat menikmati berbagai pertunjukan tarian tradisional dari Indonesia dan luar negeri, seperti tarian tradisional dari Bali, Sumatera Barat, Papua, Brunei Darussalam, dan China, musik tradisional seperti dari perkusi tradisional Korea oleh Ba Han fei sampai dengan musik modern dari salah satu band terkenal di Indonesia, d’Masiv.

Sanggar Waskita Nusantara sebagai salah satu Event Organizer (EO) ICF 2011 turut menyumbang tari Saman dari Aceh sebagai tari pembuka di hari pertama. Pada hari kedua, Sanggar Waskita Nusantara menyajikan tari Topeng dari Cirebon yang penarinya diklaim sangat berpengalaman dalam mengisi acara Keraton Cirebon.

Jhanghiz Syahrivar, Kepala Humas President University, yang turut menghadiri festival tersebut bersama dengan beberapa mahasiswa internasional, berkomentar bahwa ICF 2011 adalah cara yang jitu untuk memperkenalkan President University sebagai bagian yang tak terpisahkan dari Kawasan Industri Jababeka di mana semua pelajar dari mancanegara dan tenaga kerja asing (TKA) dengan berbagai latar belakang pendidikan dan budaya disambut, dihormati, dan diperkenalkan berbagai macam budaya, tarian tradisional, dan makanan dari Indonesia.

Salah satu dari beberapa hal yang menarik dalam festival ini adalah diperkenalannya batik asli dari Bekasi dengan motif batik yang unik yang mewakili Bekasi seperti penari topeng dari Bekasi, kegiatan menumbuk beras, dan lain-lain yang akan dipamerkan oleh pembuat batik dari Tarumajaya Bekasi.

Di sela-sela festival, disaksikan oleh Dede Yusuf, Wakil Gubernur Jawa Barat, PT. Jababeka, Tbk. melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dengan GIZ GmbH, Jerman, PT. Merck Tbk. dan Jababeka Infastructure untuk fasilitas yang dikenal sebagai “Retrologistic”, yang merupakan fasilitas yang memberikan solusi untuk pembuangan limbah kimia sederhana di lingkungan Kawasan Industri Jababeka. PT. Jababeka, Tbk., diwakili oleh Emil Salim, juga memberikan penghargaan terhadap 9 Industri Hijau yang memenuhi kriteria, antara lain: (1) Menerapkan prinsip-prinsip ramah lingkungan (2) Pengembangan program CSR dan (3) Kepatuhan terhadap peraturan dan kebijakan di Kawasan Industri Jababeka.

Event
No Responses to “President University – Jababeka Mencuri Perhatian Internasional melalui ICF 2011”

Leave a Reply