Seminar “Robotic in The Modern Era”

Aug 16, 2012 by

“Learning is a never ending story!”, itulah kata-kata yang terselip di tengah sesi tanya jawab antara peserta seminar dengan Mr. George Anwar Ph. D, narasumber seminar bertajuk “Robotic in The Modern Era”. Seminar yang dimoderatori oleh Mr. Herwan, Kepala Program Studi Fakultas Teknik Industri President University ini berlangsung pada hari Selasa, 29 Mei 2012 di Auditorium kampus President Univeristy, dan Rabu, 30 Mei 2012 di Menara Batavia yang merupakan kelanjutan dari seminar sebelumnya.

Seminar ini mendapat sambutan dan dukungan positif dari berbagai pihak, terbukti dari peserta seminar yang hadir tidak hanya mahasiswa dari fakultas teknik tetapi juga mahasiswa dari fakultas lain seperti manajemen dan bisnis, serta dosen-dosen yang berasal dari luar President University. Bagaimana tidak, pemilik sekaligus Presiden dari Integrated Motions, Inc. yang notabene terdaftar sebagai dosen Mechatronics di University of California Berkeley, Amerika Serikat ini tak hanya memberikan materi yang menambah pengetahuan peserta seminar tentang dunia robot dan perkembangan teknologi terkait, tetapi juga memberikan motivasi kepada para peserta agar turut berkembang  memajukan bangsa lewat pengabdian diri di bidang teknologi, khususnya di bidang robotic. Ia juga telah melahirkan para ilmuwan yang mampu menyalurkan kreativitas serta imajinasinya ke dalam bentuk robot-robot yang luar biasa.

Apresiasi patut ditujukan untuknya atas pengabdiannya dalam mengharumkan nama bangsa Indonesia. Meskipun sudah lama belajar, bekerja, dan menetap di Amerika Serikat namun dosen yang penah menjadi konsultan untuk perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang high technology yang berada di daerah teluk San Francisco dan Jepang ini tetap berkewarganegaraan Indonesia. Ketika ditanya mengapa beliau memilih untuk tidak kembali ke Indonesia dan mengajar generasi muda sekaligus melakukan penelitian disini, ia menjawab dengan jujur bahwa fasilitas penelitian di Amerika juga kualitas pendidikannya jauh lebih baik dibandingkan dengan Indonesia. Yang beliau harapkan adalah justru para pelajar Indonesia yang datang langsung untuk menuntut ilmu di Amerika, lebih tepatnya ke University of California Berkeley tempat dimana ia mengajar. Alasannya, supaya para generasi muda Indonesia mendapatkan pendidikan yang berkualitas disana serta bisa mengembangkan kreativitas dan kemampuan mereka pada bidang robotic dengan lebih baik. Ia juga berjanji akan memberikan perhatian dan bimbingan lebih kepada mahasiswa Indonesia yang berkuliah disana.

Artikel
No Responses to “Seminar “Robotic in The Modern Era””

Leave a Reply